ORIGAMI & PAPERCRAFT (Paper Model)

ORIGAMI

Origami adalah sebuah seni lipat yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah kertas atau kain yang biasanya berbentuk persegi. Sebuah hasil origami merupakan suatu hasil kerja tangan yang sangat teliti dan halus pada pandangan.

Origami merupakan satu kesenian melipat kertas yang dipercayai bermula sejak kertas diperkenalkan pada abad pertama di zaman Tiongkok kuno pada tahun 105 Masehi oleh Ts’ai Lun.

Pembuatan kertas dari potongan kecil tumbuhan dan kain berkualitas rendah meningkatkan produksi kertas. Contoh-contoh awal origami yang berasal dari Tiongkok adalah tongkang (jung) dan kotak.

Pada abad ke-6, cara pembuatan kertas kemudian dibawa ke Spanyol oleh orang-orang Arab. Pada tahun 610 di masa pemerintahan kaisar wanita Suiko (zaman Asuka), seorang biksu Budha bernama Donchō (Dokyo) yang berasal dari Gaguryeo (semenanjung Korea) datang ke Jepang memperkenalkan cara pembuatan kertas dan tinta.

Origami pun menjadi populer di kalangan orang Jepang sampai sekarang terutama dengan kertas lokal Jepang yang disebut Washi.

PAPERCRAFT / PAPER MODEL

Paper Replika / Paper Model (ichi no gami) adalah pengembangan dari Origami. Seperti yang kita tahu, origami adalah seni melipat dengan menggunakan 1 lembar kertas. Tapi paper replika adalah seni merakit kertas dari beberapa lembar kertas (tidak terbatas). Teknik yang dibutuhkan adalah menggunting, memakai cutter, melipat, membuat kurva dengan kertas, mengelem, dan membentuk kertas.
Kelebihan Paper Replika adalah :

  1. Lebih murah daripada model plastik, besi, atau resin.
  2. Flexibel banget.
  3. Banyak bentuk yang dapat dibuat, seperti bangunan, character, kendaraan, hingga sandal jepit!
  4. Bisa memodifikasi sesuai keinginan.
  5. Kalo merakit (dan mendesain) sendiri ada kepuasan bathin

Cara Membuat Paper Replika

  1. Sediakan model yang akan dibuat. Model didapat dari beberapa sumber seperti majalah, internet, bahkan bisa buat sendiri dari file 3-Dimensi.
  2. Setelah mendapat model yang disuka, Print model tersebut di kertas khusus. Kamu bisa memakai kertas InkJet Paper 100gr, Concorde 100gr, atau concorde 200gr, dan jenis kertas lain.
  3. Penting untuk diperhatikan : jenis kertas jangan terlalu tipis dan jangan terlalu tebal.
  4. Setelah diprint, saatnya pemotongan dilakukan. Pemotongan dapat memakai cutter atau gunting, sesuai dengan selera dan objek yang akan dipotong. Jika objek pemotongan terlalu kecil, disarankan memakai cutter.
  5. Sesaat setelah dipotong, lakukan scoring atau penandaan garis lipatan. Dapat dilakukan dengan pulpen kosong atau garis setengah kekuatan dengan cutter kepada setiap garis lipatan di model kertas.
  6. Kemudian, saatnya merakit..!! Gabungkan setiap potongan dengan lem sesuai dengan instruksi perakitan atau gambar referensi.
  7. Nikmati model kertas mu..!! Model kertas ini dapat kamu jadikan kado, souvenir, kenang-kenangan, pajangan, atau bahkan sarana untuk narsis kepada lawan jenis

Alat yang digunakan
Peralatan dasar :

  1. Cutter, untuk memotong bagian kecil
  2. Gunting, untuk memotong bagian yang agak besar
  3. Lem (Fox/UHU), sebagai perekat antar-bagian
  4. Penggaris Besi, sebagai panduan untuk cutter

Peralatan khusus :

  1. Pinset, sebagai pengganti jari untuk menahan bagian pengeleman
  2. Cutter Pen, Cutter khusus yang ujungnya lebih kecil daripada biasanya.
  3. Cutting Mat, sebagai alas potong, anti slip, tidak merusak cutter, dan awet
  4. Isolasi, untuk menambal kertas yang tidak sengaja sobek

Mouse + Keyboard

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s